----------------------------------------------- */

Rabu, 14 Januari 2015

Pulau Payung Besar

test test test,,,,,,
udah lama ini Mbah ga posting hasil berburu keindahan alam Indonesia
sebenernya Mbah pengen nulis dan kasih referensi hasil jejek dan catatan expedisi
Oke mulai tahun 2015 ini Mbah akan mulai rajin nulis nihh guys
Di awal tahun ini, Mbah memulainya dengan camping ceria di Pulau Payung Besar, gugusan kepulauan seribu

Seperti biasa untuk akses ke Pulau Payung Besar ada dua alternatif pelabuhan, yang satu dari Jakarta dan satu lagi dari Tangerang. Yang dari Jakarta bisa lewat Muara Angke pakai Fery dengan ongkosnya sekitar Rp 40.000/orang (pas BBM naik kisaran 8.500). kalo dari Tangerang pelabuhan Muara Saban (pelabuhan kecil) dengan ongkos tarif Rp. 30.000 (bisa ditawar kalo berangkatnya sampe Rp. 50.000 untuk 2 orang). ohhh iya lupa sebelum ke Pulau Payung Besar kita transit dulu ke Pulau Tidung dan dilanjutkan dengan naik ojek perahu dengan harga kisaran Rp 350.000 - Rp 450.000 tergantung negoisasai antara pemilik kapal.
kemarin Mbah kena harga Rp 450.000 karena bukan langsung sama pemilik kapal malah sama calo, karena Mbah kesana nya dadakan jadi ga prepare buat cari info pemilik kapal langsung.
lama perjalanan dari Muara angke ke Tidung sekitar 3 jam, tetapi kalo dari Muara saban - Tangerang lebih singkat yaitu hanya 2 jam.

dikarenakan kesana pas tanggal 31 dan ceritanya mau tahun baruan di pulau cuacanya sangat tidak mendukung, dari siang sampai sore hujan terus, ombaknya pun besar sekali, jadi membutuhkan waktu tempuh dari Pulau Tidung ke Pulau Payung Besar sekitar 30 - 45 menit normalnya sih antara 20 - 30 menit.
jadi maaf nihh Mbah ga bisa kasih tau gambar - gambar yang bagus karena cuacanya kurang mendukung untuk pengambilan gambar, hanya sedikit.

bagi yang tidak membawa bekal persediaan yang cukup di pulau tersebut jangan takut untuk kelaparan, karena ada warung yang menyediakan makanan, yang jualan galon pun ada ko, ada kamar mandi umum juga ko disana, jadi bagi yang ingin buka tenda dan ingin mandi bisa berbilas di situ.

menurut data di pulau tersebut penghuninya hanya 40 Kepala Keluarga, dan warganya pun sangat ramah - ramah ko jadi jangan takut pakoknya. sebenarnya di pulau ini sebagian nya punya pribadi jadi jangan sembarangan asal buka tenda.
sesampainya disana coba cari spot yang bagus buat buka tenda, kalo mau yang bagus sihh sebelah utara pulau, tapi sayangnya itu punya pribadi, disana ada 2 villa yang di sewakan dan ada pantai yang bagus seperti kolam renang, namun jika buka tenda disini mesti hati - hati karena punya pribadi jadi mesti izin dulu ke penjaganya, soalnya Mbah kena tegur gara - gara buka tenda ga izin dulu, tapi baik ko penjaganya dan buka tenda pun ga usah bayar heheheheh,,,,,
pantai pribadi tersebut di mulai dari patung sampai ujung pulau, yupz disana ada patung seperti arsitektur bali.
ada lagi spot untuk buka tenda di selatan pulau tapi agak tersembunyi, disini bisa lah buat buka tenda untuk jumlah peserta yang banyak tapi kalo cuma satu tenda di bagian utara aja deket villa pribadi tapi mesti izin dulu ya.

untuk yang pulang dari Tangerang kapal ke Muara Saban berangkat dari tidung jam 8.00 jadi jam 6 harus udah siap - siap rapiin tenda dan di jemput pagi - pagi sama ojek kapalnya.
kalo yang ke Jakarta atau Muara Angke mah ga usah khawatir soalnya kapalnya berangkat sekitar jam 11.00

kalo yang pengen bakar - bakar ikan atau cumi bisa di beli di Muara Saban dengan harga murah, dan bisa menitipkan motor atau mobil disana dengan tari Rp 10.000/motor kalo mobil ga tau deh hehehe. . ..

oke gitu aja info dari Mbah , , ,
kalo perlu info lebih lanjut kasih komentar aja di bawah, Mbah akan jawab secepatnya ko dan kasih info setau Mbah aja. . . 
di bawah ini ada sedikit poto - poto disana:









5 komentar:

  1. Mbah mau tanya, disana ada yang sewa tenda apa ngga? Trus sewa kapal dari tidung ke payung 450.000 kalo saya backpacker bisa perorangan ngga bayarnya?? Tolong bantu jawab mbah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sewa tenda ga ada Cu
      bayarnya tetep perkapal Cu ga bisa perorangan
      jadi sebainya cari barengan biar murah

      Hapus
  2. Masuk ke pulau payung nya bayar berapa ka ? Tolong infonya ?

    BalasHapus
  3. mohon info, ada nomor hp ojek kapal dari pulau tidung ke pulau payung gak ya mbah. terima kasih

    BalasHapus

Label